ilustrasi
england-flag

English

england-flag

Indonesia

SIARAN PERS

Gambaran Kemiskinan 10 Tahun Terakhir Dalam Zoom-In On Poverty

1 October, 2012

proverty_pameran_foto

 

Kemiskinan. Salah satu masalah paling utama yang menjadi perhatian bagi banyak negara di dunia. Di Indonesia sendiri menurut Badan Pusat Statistik (BPS) kategori miskin adalah mereka dengan tingkat pengeluaran per kapita per bulan sebesar Rp211.726 atau sekitar Rp.7000 per hari. BPS memang mencatat orang miskin dari pengeluaran karena pada dasarnya perhitungan dilakukan untuk mengetahui bagaimana pemenuhan terhadap kebutuhan dasar.

Melihat isu kemiskinan yang selalu hangat untuk dibicarakan, Kantor Berita Indonesia-ANTARA dan Kantor Berita Xinhua milik China berkolaborasi mempersembahkan sebuah pameran foto tentang kemiskinan berjudul “Zoom-In On Poverty” Sebelumnya, Xinhua dan United Nation Development Program (UNDP) menyelenggarakan lomba Foto dengan judul yang sama. Lomba foto ini merupakan kampanye kesejahteraan masyarakat dunia yang diprakarsai oleh Presiden Xinhua News Agency, Li Congjun.
Hasil karya pemenang lomba foto itulah yang akan dipamerkan dalam Pameran Foto yang akan berlangsung di North Sky Walk Pondok Indah Mall (PIM) 2, Jakarta sejak 2 oktober 2012. Para pengunjung PIM 2 dapat menikmati foto-foto tersebut selama tiga pekan. Dari 200 foto yang ada, 47 foto diantara merupakan karya pewarta foto Kantor Berita ANTARA menyoroti kemiskinan di Indonesia. Semua foto menceritakan kondisi kemiskinan di berbagai tempat dalam sepuluh tahun terakhir.
Tujuan dari lomba foto dan pameran ini adalah untuk memfokuskan kembali perhatian dunia terhadap kemiskinan, melalui media fotografi. Foto-foto itu selain menggambarkan bagaimana kemiskinan itu sendiri, juga menggambarkan solusi dan penyebab, serta usaha-usaha yang pernah dibuat dalam usaha pengentasan kemiskinan.

Selain itu acara ini juga bagian dari upaya untuk mempercepat kemajuan dalam pencapaian program Millennium Development Goals (MDGs) yang akan berakhir pada 2015. ANTARA dan Xinhua melalui pameran “Zoom-In On Poverty” mengharapkan dapat menghasilkan dukungan dari banyak orang, baik dari kalangan pemerintah, bisnis dan masyarakat umum di seluruh dunia dalam perang global melawan kemiskinan.

Pembukaan Pameran Foto “Zoom-In On Poverty” akan berlangsung pada hari Selasa, 2 Oktober 2012 pukul 10.30 wib, mengambil lokasi di PIM 2 lantai 1.

(Setper-28/9)