ilustrasi
england-flag

English

england-flag

Indonesia

SIARAN PERS

15 May, 2015

Wawali : Fotografi Memiliki Visualisasi yang Dalam

Makassar, (ANTARA Sulsel) - Wakil Wali Kota Makassar H Syamsu Rizal mengatakan, fotografi memiliki visualisasi yang dalam untuk dapat dimengerti oleh orang banyak.

“Fotografi bukan sekedar `take a picture` atau mengambil gambar, tetapi memiliki visualisasi gambar yang bisa dimengerti oleh orang banyak,” kata Syamsu Rizal disela-sela pembukaan pameran fotografi Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA) Makassar di Gedung Societeit de Harmonie, Makassar, Kamis malam.

Menurut dia, hasil karya siswa GFJA Makassar itu menunjukkah bahwa di Makassar industri kreatif tumbuh dan hasil karya fotografer itu sangat dihargai.

Selain itu, Pemkot Makassar menyimpan harapan besar kepada fotgrafer untuk mengambil gambar yang bisa bercerita tentang sebuah peristiwa, juga memiliki filosofi dan ada visualisasi yang kreatif.

“Lewat fotografi ini, industri kreatif dapat berkembang di Makassar. Fotografi juga memiliki tantangan besar, karena semua orang dapat mengambil gambar, namun tidak semua mampu menjadi fotografer,” katanya.

Sementara itu, Pendiri GFJA Indonesia Oscar Motuloh pada kesempatan yang sama mengatakan, pendidikan fotografi jurnalistik selalu perlu dan harus selaku digelindingkan oleh siapa pun.

Saat ini, peran itu dilakukan oleh Kantor Berita Antara yang memang membawa misi tersebut sebagai kantor berita. Karena itu, pendidikan fotografi jurnalistik akan dibutuhkan sampai kapan pun.

“Fotografi jurnalistik sangat penting apalagi menghadapi perkembangan sosial media yang memungkinkan setiap orang dapat memotret kemudian menyebarluaskannya,” katanya.

Pada pembukaan pameran fotografi di Societeit de Harmonie, selain dihadiri Wawali Mahassar juga hadir Kepala Kantor LKBN Antara Sulselbar Agus Setiawan, redaktur senior Fredrich C Kuen dan sejumlah tamu kehormatan, termasuk pengunjung dari luar negeri.

Editor: Agus Setiawan

(Setper-15/05)



12 May, 2015

GFJA Makassar Gelar Pameran Karya Foto Peserta Workshop Angkatan I

PAMERAN KARYA FOTO PESERTA WORKSHOP GFJA MAKASSAR ANGKATAN I

Pembukaan: Kamis, 14 Mei 2015 | 19.00 Wita

Gedung Kesenian Makassar

Jl. Riburane No.15, Kota Makassar, Sulawesi Sel. 90174

Jumat, 15 Mei | 19.00 Wita
Bincang Fotografi
- Oscar Motulloh (Kepala Galeri Foto Jurnalistik Antara)

Sabtu, 16 Mei 2015 | 19.00 Wita
Diskusi Karya Peserta Workshop GFJA Makassar #1
- Mosista Pambudi (Kepala Sekolah Galeri Foto Jurnalistik Antara)
- Muh. Faisal S Pd MPd (Dosen Seni Rupa Unismuh - Antropolog Seni)

17-21 Mei 2015 | 19.00 Wita
Pemutaran Film Fotografi

Jumat, 22 Mei 2015 | 19.00 Wita
Diskusi Buku Fotografi “Semangat Tanpa Batas”
karya Yusuf Ahmad (Jurnalis Foto) dan Sahrul Manda Tikupadang (Jurnalis Foto Antara)

(Setper-12/04)



8 May, 2015

ANTARA - Kosmo terbitkan berita Indonesia di Malaysia

Pewarta: N. Aulia Badar

Kuala Lumpur (ANTARA News) - Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA dan Harian Kosmo, koran di Malaysia, menerbitkan halaman khusus berita dari Indonesia yang diharapkan dapat mengobati kerinduan masyarakat Indonesia di negara jiran sekaligus memperkuat hubungan dua negara melalui media.

Halaman khusus dengan nama rubrik “Khabar Indonesia” adalah berita dari Kantor Berita ANTARA yang disiarkan koran Kosmo sebanyak dua halaman setiap minggunya.

Peluncuran halaman “Khabar Indonesia” itu diresmikan Penasehat Sosio Budaya Pemerintah Malaysia, Tan Sri Rais Yatim di gedung Utusan Melayu di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis.

Pemimpin Redaksi Kosmo, Baharom menyampaikan bahwa halaman khusus sebanyak dua halaman itu diharapkan dapat mengobati kerinduan warga Indonesia akan informasi dari Tanah Air.

Halaman khusus yang diterbitkan setiap Jumat itu akan memuat sejumlah berita menarik dari Indonesia termasuk isu-isu terkini dan menarik yang sedang berkembang disana.

“Bahan-bahan yang akan disiarkan dalam halaman khas Kosmo! ini merupakan himpunan tulisan wartawan ANTARA dari pelbagai wilayah di Indonesia dengan fokus pada bidang pariwisata, budaya dan isu-isu yang menarik yang dapat dinikmati pembaca.

Disebutkannya, biarpun ruangan ini secara simboliknya hanya memaparkan dua halaman saja, namun ini membawa makna yang lebih besar dalam hubungan Malaysia dan Indonesia dengan konteks dan perspektif yang berbeda.

Baharom menambah, kerja sama dengan LKBN ANTARA juga meliputi pertukaran berita dan gambar, penyediaan ruang untuk penyiaran berita, pelatihan jurnalistik, pertukaran informasi serta jalinan kerjasama komersial.

Peluncuran tersebut juga dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Malaysia, Herman Prayitno dan jajarannya, Direktur Utama LKBN ANTARA, Saiful Hadi, anggota Dewan Pengawas ANTARA Ahmad Mabruri dan Kepala Divisi Pemberitaan Foto ANTARA Hermanus Prihatna.

Selain itu, peluncuran ini juga disaksikan Pemred Kosmo, Baharom Mahusin serta para petinggi Utusan Melayu yakni Datuk Mohd. Noordin Abbas, Datuk Aziz Ishak dan Datuk Othman Mohamad.

Sedangkan perwakilan organisasi masyarakat Indonesia di Malaysia juga tampak hadir seperti Pasomaja, IKMP, NU, Muslimat NU, KNPI, PPI, IKMA, ITA, BNI serta sejumlah perkumpulan dibawah naungan Yayasan Ikatan Rakyat Malaysia Indonesia (YIRMI).

Merapatkan Hubungan

Sementara itu, Dirut Perum LKBN ANTARA, Saiful Hadi menjelaskan bahwa rancangan ini sudah lama digagas sehingga dirinya sangat menyambut baik peluncuran halaman khusus berita Indonesia sebagai sarana penyebarluasan informasi yang diharapkan semakin merapatkan hubungan dua negara serumpun ini.

“Saya sangat menyambut baik terealisasinya kerja sama ini yang sebenarnya sudah digagas sejak tiga tahun lalu ketika pertemuan para editor dua negara di Lombok,” ungkapnya.

Dengan adanya kerja sama dengan pihak Kosmo tersebut, lanjut Saiful, diharapkan semakin banyak akses yang bisa dimanfaatkan dalam penyebarluasan pemberitaan kedua negara.

Bahkan, lanjut dia, Kosmo bisa memanfaatkan akses ANTARA di daerah setiap harinya. Sebaliknya juga demikian, ANTARA juga bisa memperoleh informasi dan berita yang ada di Kosmo.

Duta Besar Indonesia ke Malaysia, Herman Prayitno memuji langkah yang diambil ANTARA dan Kosmo dalam usaha merapatkan hubungan komunikasi dan diplomatik di antara kedua negara.

Menurut dia, hubungan diplomatik tidak sekadar cukup dengan seorang peranan pihak Kedutaan, sebaliknya juga memerlukan peranan daripada pihak kedua yaitu media massa.

“Jadi, saya memuji langkah ANTARA dan Kosmo! ini dalam usaha merapatkan lagi hubungan diplomatik antara Malaysia dan Indonesia sekaligus mengurangkan konflik dengan semakin lancarnya arus informasi dan komunikasi yang tepat,” ucapnya.

Editor: Ruslan Burhani



7 May, 2015

ANTARA Selenggarakan Kursus Dasar Pewarta Televisi Angkatan II

Setelah terhenti selama sembilan tahun, Kursus Dasar Pewarta Televisi (Susdape TV) kembali diadakan pada tahun 2015. Dengan jumlah peserta sebanyak 13 orang, Susdape TV tahun ini menjadi Susdape TV angkatan kedua ANTARA TV. Seperti Susdape untuk pewarta tulis dan foto, Susdape TVpun diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan Jurnalistik ANTARA (LPJA) atau ANTARA School of Journalism (ASJ), lembaga diklat resmi Perum LKBN ANTARA sejak 1988.

Susdape khusus wartawan televisi ANTARA diharapkan dapat menyiapkan wartawan-wartawan baru sesuai dengan tuntutan kebutuhan Divisi Pemberitaan Televisi ANTARA dan sesuai visi misi Perum LKBN ANTARA sebagai kantor berita nasional Indonesia dengan tugas-tugas pemberitaan yang khas. Peserta yang lulus Susdape TV angkatan ke-2 diharapkan siap menjalankan tugas sebagai Pewarta Televisi ANTARA pada bulan Oktober 2015.

ANTARA menjadi salah satu perusahaan pers nasional yang turut menandatangani Deklarasi Palembang dengan Standar Kompetensi Wartawan (SKW). Dalam Susdape Televisni, ANTARA dan LPJA menyusun kurikulum materi pelatihan yang ditujukan agar menghasilkan wartawan televisi dengan kompetensi setara dengan Jurnalis Muda pada SKJ-TV yang disahkan oleh Dewan Pers.

(Setper-07/04)



5 May, 2015

ANTARA School of Journalism Kembali Buka Kelas Jurnalistik dan Fotografi Dasar

ANTARA School of Journalism membuka kelas Fotografi dan Jurnalistik Dasar yang akan dimulai tanggal 9 Mei 2015.

PELATIHAN FOTOGRAFI DASAR

Materi Pelatihan:
A.KULIAH UMUM : FOTOGRAFI “MEMBUKA MATA DUNIA” - 3 Jam
B.KOMPOSISI DAN TEKNIK MEMOTRET - 3 Jam
C.PRAKTIK MEMOTRET DASAR - 3 jam
D.KONSEP FOTOGRAFI UNTUK MEDIA - 3 Jam
E.PRAKTIK/HUNTING FOTO DENGAN TOPIK TERTENTU - 6 Jam
F.EDITING & CAPTION FOTO (TEORI DAN PRAKTIK) - 6 jam
G.TEKNIK MEMPUBLIKASIKAN DAN MEMPOPULERKAN FOTO DI MEDIA - 3 jam
H.KURASI FOTO DAN BEDAH KARYA - 3 jam

SETIAP SABTU
(10.00 - 17.00 WIB)
5 Pertemuan (30 jam)
PRIVAT 5 HARI (30 jam)

INSTRUKTUR:
OSCAR I. MOTULOH
MAHA EKA SWASTA
HERMANUS PRIHATNA
MOSISTA PAMBUDI

BIAYA:
PENDAFTARAN:Rp.50.000,-
REGULER:Rp.2.500.000,-
EKSEKUTIF 5.000.000,-
PRIVAT:Rp.8.000.000,-

PELATIHAN JURNALISTIK DASAR

Materi Pelatihan:
A.DASAR-DASAR JURNALISTIK - 3 jam
B.KODE ETIK JURNALISTIK DAN ETOS KERJA JURNALIS - 3 Jam
C.BAHASA INDONESIA JURNALISTIK - 3 jam
D.MERANCANG MEDIA DAN MANAJEMEN MEDIA - 3 Jam
(agenda media, rubrikasi, penentuan dan pengembangan isu)
E.TEKNIK WAWANCARA, RISET DAN PENGUMPULAN DATA - 3 jam
F.REPORTASE DAN MENULIS BERITA - 3 Jam
G.PRAKTIK MEMBUAT BERITA DAN BEDAH KARYA - 6 jam
H.SEO DAN MENINGKATKAN NILAI KONTEN DAN PRAKTIK PENERAPAN SEO - 3 Jam

SETIAP SABTU
(10.00 - 17.00 WIB)
5 Pertemuan (30 jam)
PRIVAT 5 HARI (30 jam)

INSTRUKTUR:
TEGUH PRIYANTO
MULYO SUNYOTO, M.Pd.
MARIA D. ANDRIANA
GUSTI NUR CAHYA ARYANI
MARYATI

Biaya:
PENDAFTARAN:Rp.50.000,-
REGULER:Rp.2.500.000,-
EKSEKUTIF 5.000.000,-
PRIVAT:Rp.8.000.000,-

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi ANTARA School of Journalism di:
Jl. Antara No. 57-61 Pasar Baru Jakarta Pusat (10710) Tlp. (021) 3842591, 34834321 Ext.112/113, (021) 98495175
Fax. : (021) 34832848 Email : lpjantara@yahoo.com atau info@sekolahjurnalistikantara.com

(Setper-05/04)



5 May, 2015

Mahasiswa Unisula Semarang Kunjungi Perum LKBN ANTARA

Selasa, 28 April 2015 Perum LKBN ANTARA mendapat kunjungan dari mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Sultan Agung, Semarang, Jawa Tengah. Sekitar 50 orang mahasiswa dan tiga orang dosen pembimbing hadir memenuhi ruang rapat Sipahoetar, Wisma ANTARA lantai 20, Jakarta. Kunjungan tersebut bertujuan untuk melihat lebih dekat kegiatan produksi berita teks, foto dan video di Kantor Berita.

Hadir dari ANTARA adalah Manajer Humas dan Kerjasama Internasional Perum LKBN ANTARA, Ibu Primayanti yang juga menjelaskan tentang keberadaan ANTARA sebagai sebuah korporasi. Selain itu hadir pula Bapak Handry Wiranto Manajer Content & Media Technology Solutions Perum LKBN ANTARA yang menjelaskan kegiatan marketing communication.

Dalam kesempatan itu, tim humas sebagai admin dari media sosial korporat, memberikan souvenir kepada lima orang yang sudah men-tweet kunjungan mereka di ANTARA. Teman-teman mahasiswapun berkesempatan mengunjungi ruang redaksi dan studio ANTARA TV.

(Setper-05/04)



4 May, 2015

Mahasiswa Universitas Widyatama Kunjungi ANTARA

Rabu, 22 April 2015 Perum LKBN ANTARA mendapatkan kunjungan dari mahasiswa Fakultas Bahasa Universitas Widyatama, Bandung. Kunjungan diterima oleh Sekretaris Perusahaan Perum LKBN ANTARA, Iswahyuni dan GM Komersial Perum LKBN ANTARA, Darmadi.

Kunjungan tersebut merupakan kunjungan kedua Fakultas Bahasa Universitas Widyatama ke Kantor Perum LKBN ANTARA. Sebelumnya kunjungan serupa pernah pernah dilakukan oleh Fakultas Bahasa Universitas Widyatama tahun 2005 lalu.

Wakil Dekan Fakultas Bahasa, Puspita Sari mengungkapkan kunjungan mahasiswa tersebut bertujuan untuk mendekatkan mahasiswa dengan dunia pekerjaan. Tak hanya itu, Puspita pun ingin para mahasiswa bisa belajar dan memahami apa yang terjadi di Kantor Berita ANTARA.

(Setper - 23/4)



17 April, 2015

WeChat Sambangi ANTARA untuk Perkenalkan Official Account Gratis

Dunia digital yang bergerak dinamis menantang pelaku-pelaku bisnis di dalamnya untuk semakin banyak berinovasi dan membangun hubungan dengan banyak pihak. Salah satu bagian dalam era dunia digital yang sedang sangat digemari saat ini adalah Instant Messenger. Dengan tawaran semakin mudahnya cara berkomunikasi antar individu dengan menggunakan aplikasi yang berbasis pada jaringan internet tersebut, berbagai aplikasi Instant Messanger mendapat sambutan hangat di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

WeChat merupakan salah satu aplikasi Instant Messanger asal negara tirai bambu, Tiongkok. Untuk meraih pangsa pasar Indonesia, perusahaan itu menggandeng MNC Group milik Hary Tanoesoedibjo. Direksi We Chat mengunjungi Kantor Berita ANTARA di Wisma ANTARA lantai 19, Jakarta pada Rabu, 15 April 2015 guna memperkenalkan We Chat dan kemungkinan melakukan kerjasama di berbagai bidang.

Chief Operating Officer PT MNC Tencent, Bagus Binatoro diterima oleh Iswahyuni selaku Corporate Secretary Perum LKBN ANTARA. Selain itu hadir juga tim Public Relations PT MNC Tencent dan juga tim dari SKPR sebagai konsultan PR dari WeChat Indonesia.

“Aplikasi ini kami luncurkan di Indonesia pada 28 Februari 2013 dan responnya luar biasa,” Ujar Bagus yang kemudian menambahkan angka unduhan tersebut di luar perkiraaan. Namun, Bagus tidak mau menyebutkan data jumlah absolut unduhan tersebut.

Ia hanya mengatakan bahwa pengunduh terus bertambah, sehingga pengelola juga terus menambah layanan bagi pengguna di Indonesia, antara lain stiker (gambar) artis-artis Indonesia dan juga game-game.

Sedangkan Corporate Secretary ANTARA, Iswahyuni mengatakan bahwa ANTARA sebagai sebuah korporasi yang memiliki berbagai inovasi bisnis tentu saja tidak bisa memisahkan diri dari perkembangan digital, termasuk keberadaan aplikasi seperti WeChat.

“Untuk promosi atau branding tentu diperlukan, namun bagaimana konsep kontennya tentu menjadi yang utama bagi ANTARA, apalagi sebagai Kantor Berita satu-satunya milik Indonesia harus menjaga kredibilitasnya.” Iswahyuni menjelaskan.

Minggu lalu WeChat meluncurkan official account yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk menyebarkan informasi secara lebih mudah kepada penngguna WeChat yang mem-follow (mengikuti) akun resmi perusahaan tersebut.

Untuk memiliki official account maka perusahaan harus mengirimkan formulir aplikasi melalui http://apply.wechat.com dan selanjutnya menunggu validasi admin WeChat. “Fitur ini gratis,” kata Bagus.

Bagus yang menjabat sebagai COO MNC Tencent sejak 2013 itu juga mengatakan bahwa WeChat adalah aplikasi pesan instan paling utama di tempat asalnya Tiongkok. Saat ini, aplikasi tersebut sudah ada di 15 negara dengan 20 bahasa.

(Setper-17/4)



16 April, 2015

Lowongan Kerja Kantor Berita ANTARA April 2015

Perum Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA, membutuhkan beberapa kandidat untuk mengisi posisi dengan kualifikasi sebagai berikut :

IT TECHNICAL SUPPORT

- Diutamakan Pria
- Usia maksimal 27 tahun
- S1 Teknik Informatika / Sistem Informatika
- Menguasai
* Sistem Operasi Linux dan Solaris
* Sistem Operasi Microsoft Windows Server
* Microsoft SQL Server dan Microsoft Excel
* Sistem Jaringan berbasis TCP/IP, Router
* CCNA lebih diutamakan
- Dapat berkomunikasi dengan baik (bahasa Inggris secara aktif)
- Mampu melakukan analisis dan pemecahan masalah
- Dapat bekerja sama dengan tim, maupun bekerja secara mandiri
- Bertanggung jawab dan mampu bekerja dibawah tekanan

Kirim Surat Lamaran dengan melampirkan CV, Foto Copy Ijazah, Foto Copy Transkrip Nilai, Foto Copy KTP, Pas Foto terbaru, nomor telepon/HP yang dapat dihubungi, ke :

Departemen PSDM Perum LKBN Antara
Wisma Antara, Lantai 19,
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 17
Jakarta 10110
atau
E-mail ke : recruitment-sdm@antara.net.id
cc. rifal@lkbnantara.com

paling lambat 28 April 2015.

(Setper-16/4)



7 April, 2015

ANTARA-RADAR CIREBON GELAR SEKOLAH JURNALISTIK SANTRI

Oleh Budi Santoso

Cirebon, 3/4 (Antara) - Ikatan Alumni Buntet Pesantren (IKLAB) menggandeng Kantor Berita Antara dan Harian Radar Cirebon menggelar Sekolah Jurnalisik Santri Buntet Pesantren di Madrasah Aliyah Negeri Buntet, Kabupaten Cirebon.

Dirut Perum LKBN Antara Saiful Hadi yang membuka acara itu, Jumat, mengatakan budaya tulis menulis sudah tidak asing bagi kalangan pesantren sehingga pelatihan ini merupakan motivator agar santri mampu mempelajari jurnalistik.

“Untuk menjadi wartawan hanya butuh belajar dan belajar karena dengan teknologi informasi semua ilmu bisa dipelajari melalui internet termasuk belajar jurnalistik,” katanya.

Dalam paparannya tentang dinamika industri media, Saiful meminta santri harus juga menguasai teknologi informasi karena dunia jurnalistik selalu mengikuti perkembangan teknologi.

Ketua IKLAB Masyur Ainun Najih berharap pelatihan akan memunculkan santri yang mampu mengelola media untuk kalangan internal pesantren seperti buletin, tabloid dan majalah dinding.

“Dulu pernah ada buletin dan tabloid untuk internal pesantren, namun hanya seumur jagung. Pelatihan ini membangkitkan semangat membuat media komunikasi,” katanya.

Ia menjelaskan, pelatihan hari pertama akan diisi tiga pemateri dari Kantor Berita Antara dan hari kedua akan diisi pemateri dari Radar Cirebon.

“Selanjutnya setiap jumat akan ada pelatihan menulis yang lebih intensif, dibimbing wartawan Radar Cirebon,” katanya.

Pelatihan yang diikuti 80 siswa dari MAN Buntet, SMANU dan SMKNU Buntet itu merupakan rangkaian kegiatan Haul Buntet Pesantren.

(Setper-7/4)